Tuesday 4 December 2018

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott...


Mungkin sebagian bikers pernah mengalami aki soak, padahal aki belum lama diganti.
Nah, hal ini disebabkan oleh kondisi kiprok yang mulai lemah atau rusak.

Jangan dibiarkan ya, karena kiprok rusak juga dapat mengganggu kinerja komponen kelistrikan lainnya di motor.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara deteksi kiprok rusak.

Tenang, ada cara gampang cek kiprok yang modar bro. Cara paling mudah bisa dilakukan dengan meraba. Kiprok salah satu penyebab utama masalah di kelistrikan motor yang usianya sudah mencapai kepala lima tahun lebih. Masalahnya banyak yang enggak paham cara ngeceknya.

"Mulanya cari letak kiproknya dan nyalakan mesin motor. Biarkan stasioner beberapa saat. Bila sudah, coba lepas soketnya bila RPM motor naik itu tandanya kinerja kiprok masih normal bro. Kalau tidak terjadi apa-apa alias RPM mesin motor normal setelah soket di lepas, Nah! kiprok modar tuh.." atau dengan cara yang satu lagi hidupkan motor beberapa menit, lalu pegang kiprok. Terasa dingin atau terlalu panas Bila kondisi kiprok itu terlalu dingin tandanya kiprok tidak mengalirkan arus ke aki, sedang kalau terlalu panas, kiprok terlalu besar mengalirkan arus, efeknya aki bisa overcharge. "Suhu kiprok yang baik saat digunakan tidak dingin atau terlalu panas, idealnya hangat saja".

Selanjutnya, cara lain untuk deteksi kiprok rusak bisa dengan mengukur tegangan arus.
"Cek tegangan pakai multitester, tempelkan kabel merah multitester di kabel merah positif dan kabel hitam di kabel negatif, hidupkan motor buka gas sampai 3.000 rpm, lihat angkanya, bila melebihi 14 volt tandanya rusak,".
Sebaliknya, bila tegangannya di bawah 12 volt, tandanya juga rusak tidak bisa mengisi aki dengan baik, ideal tegangannya 13,5 volt.

Gampang kan cek kiprok modar?! langsung aja deh praktekin..

"Untuk kiproknya mending beli yang orisinil! Jangan coba-coba beli yang KW," Selain itu, bisa juga dilihat lewat ciri yang dimunculkan pada motor. Kiprok rusak, cirinya lampu utama meredup atau malah kelewat terang dan putus. Sebab, aliran arus listrik dari spul tidak bisa diproses oleh kiprok yang rusak. Karena gejalanya mirip aki rusak, banyak juga yang salah deteksi dan malah ganti aki. Tapi, kurang dari seminggu aki akan tekor lagi.


Demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan, terimakasih semoga bermanfaat.
#SalamKingers.

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...