Di blog ini saya ingin berbagi apapun tentang motor, dimana sekarang motor bukan hanya sekedar alat transportasi saja melainkan sebagai hobby, bukan juga sebagai ajang pamer-pameran melainkan perihal selera, semoga di blog ini kita dapat saling berbagi ilmu bukan hanya sekedar sharing tetapi dapat menjalin silaturahmi. #Salam Kingers.
Saturday, 19 November 2016
Cara Mengatur dan Mengukur Power Mesin Rx King Melalui Sudut Squish Area
Disini saya akan membagikan info mngenai pengaturan power mesin rx king melalui squis head. yuk simak... cekidoottt...
Kalau dilihat tampangnya memang tidak bosan melihat penampilannya apalagi tenaganya.
Korekan head mesin 2-Tak macam Yamaha RX-King tidak sekadar bubut untuk besarin kompresi. Desain kubah ruang bakarnya juga bisa sedikit dimodif. Di kubah tadi ada squish area yang fungsinya mengatur pemampatan kompresi, juga menyalurkan laju gas menuju titik busi. Makanya mekanik suka atur-atur squish-nya, ada yang dibikin lebar atau sempit dengan derajat sekian. Tujuannya menciptakan ledakan yang terpusat. Lebar-sempitnya squish juga menentukan letak power si 'Jambret'. Pinsipnya semakin lebar, tenaga bawahnya enak, makin sempit atasnya oke.
mengukur derajat squish piston
Bila squish meleset sedikit, lari King sampeyan malah sontoloyo, bukan King lagi. Untuk kohar, lebar squish dibuat antara 9 - 12 mm. Sebenarnya bisa saja lebarnya dibikin kurang dari 9 mm tapi konsekwensi rpm bawahnya berat. Maksudnya ngook gitu lho. Itu justru kurang pas dengan motor harian yang butuh akseleresi lebih.
squish pada kop silinder
Selain lebar ada juga istilah sudut atau kemiringan squish. Untuk sudut squish ini wajib plek dengan sudut di kepala piston agar tidak ada gas yang terjepit yang malah mengganggu laju gas menuju busi, juga bisa bikin mesin detonasi. Makanya sudutnya dikembalikan ke aslinya yang 15 derajat agar klop dengan sudut di kepala piston standart King. Termasuk lingkar luar squish juga wajib kompak dengan diameter piston, ya itu tadi biar tidak ngelitik yang nggak bikin gelitapi bikin jeroan motor rontok.
Ukuran lebar squish di atas berlaku buat RX-King yang masih pakai piston oversize 0 (nol) sampai 100. Beda lagi King yang bore-up. Itu lantaran squish erat hubungannya dengan diameter piston, termasuk juga rasio kompresinya. Itu harus diperhitungkan dengan rumus yang panjang.
Sebagai Contoh :
Kebetulan saya punya sigmat dan baru membeli original headblock/kepala silinder/deksel Rx King. Saya ingin berbagi spesifikasi head Rx King. Oke langsung saja kita berbagi.
Jarak lubang busi ke bibir head 24,80 mm ini diukur dengan meletakkan di atas kaca.
Lebar lubang busi 13,00mm.
Diameter head 59,00 mm.
Lebar squish 10,00mm.
Tinggi squish dari bibir head 2,00mm di lebar squish 10,00 mm.
Tinggi squish dari bibir head 1,00mm di squish 5,00mm.
Tinggi nat 0,50mm.
Lebar dome 38,00mm.
Lebar lubang baut 9,50mm.
Ini semua ukuran head standar ori Rx King. Mungkin ada sebagian yang tidak begitu penting untuk diukur, tapi inilah semua detailnya.
Sekian tips dari saya semoga bermanfaat.
#semoga semakin kingers.
#jangan lupa subscribe nya gan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah
Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...
-
Dan pembahasan saya kali ini adalah tentang perbedaan warna kabel CDI RX king yang beraneka macam. Sehingga Anda tahu apa yang menyebabka...
-
Disini saya akan membagikan info mngenai pengaturan power mesin rx king melalui squis head. yuk simak... cekidoottt... Kalau dilihat tampa...
-
Disini saya akan membahas sedikit tentang manfaat tabung yeis di motor rx king. yuk simak disini, cekidott.. Motor yamaha rx king mem...
Kalau dibagian sekeliling busi saya bersihkan katna kotor hitam bgt, di amplas halus gpp kah? Pengaruh positif g buat tenaga kecepatan
ReplyDeleteKalau dibagian sekeliling busi saya bersihkan katna kotor hitam bgt, di amplas halus gpp kah? Pengaruh positif g buat tenaga kecepatan
ReplyDeleteKalo untuk OS 200 king lebar squisnya brp
ReplyDelete