Di postingan kali ini saya akan membagikan tips tentang kiprok, yuk simak langsung gan.
cekidottt...
Kiprok atau Regulator rectifier atau Silicon Controlled Rectifier.
Berfungsi sebagai penyearah arus, dari arus bolak balik AC yg dihasilkan dari magnet dan spull menjadi arus DC yang arus DC tsb digunakan dalam Charging ACCU (aki) yang notabene instrument2 seperti lampu sign, klakson serta instrumen2 speedometer dll sangat tergantung dari tenaga ACCU. Selain itu Kiprok juga berfungsi mengatur kestabilan aliran arus listrik untuk dikirim ke pengapian (CDI ->koil-->busi) sesuai putaran mesin.
Posisi kiprok ada dibawah tangki bensin & dibaut ke rangka.
Berfungsi sebagai penyearah arus, dari arus bolak balik AC yg dihasilkan dari magnet dan spull menjadi arus DC yang arus DC tsb digunakan dalam Charging ACCU (aki) yang notabene instrument2 seperti lampu sign, klakson serta instrumen2 speedometer dll sangat tergantung dari tenaga ACCU. Selain itu Kiprok juga berfungsi mengatur kestabilan aliran arus listrik untuk dikirim ke pengapian (CDI ->koil-->busi) sesuai putaran mesin.
Posisi kiprok ada dibawah tangki bensin & dibaut ke rangka.
Pada motor2 Raja yg dikorek baik korek ringan maupun korek kelas berat, sering fungsi kiprok tsb tidak digunakan alias gak pake kiprok oleh mekanik2 ato bengkel2nya ato memang kabel bodynya sudah dilepasin berikut kiprok dan ACCU-nya. Efek utama yang dikejar adalah cepatnya respon tarikan mesin pada motor raja yg tidak pake Kiprok. Untuk lengkapnya seperti dibawah ini:
1. arus yg dihasilkan lebih cepat dan besar, tapi naik turunnya arus juga cepat secepat naik turunnya putaran mesin. Respon tarikan mesin juga jadi lebih cepat, terutama pada putaran bawah yang terasa sekali naiknya perubahan. Ini dikarenakan arus yg mengalir ke CDI yg diteruskan ke koil dst lebih murni tanpa ada fungsi kiprok yaitu menstabilkan arus sehingga perubahan naik turunnya arus pada putaran mesin lebih datar ato tidak secepat naik dan turunnya putaran mesin tanpa kiprok.
2. lampu headlamp akan sangat terang sekali karena arusnya cukup besar dan cepat. Dan pada putaran2 tinggi bohlam headlamp standar akan sering putus karenanya.
3. tidak berfungsinya ACCU yang otomatis part instrument seperti klakson, lampu sign dll juga tidak berfungsi karena ACCU tidak dapat di charging yg notabene banyak part instrument tsb bergantung pada ACCU seperti klakson, sign dll.
Kita bisa memodifikasi fungsi kiprok sesuai kebutuhan kita dengan mengetahui fungsi2 kabel dikiprok tsb.
1. Kabel hitam = masa
2. Kabel merah = instrument, klakson, sign dll.
3. Kabel putih = charging accu
4. kabel kuning strip merah = menstabilkan arus ke pengapian.
Untuk mendapatkan tenaga listrik murni untuk pengapian seperti pada motor2 raja yg tidak pake kiprok, cukup putuskan kabel kuning strip merah pada kiprok. selebihnya tetap terhubung dgn kiprok. Efeknya tarikan akan lebih responsif apalagi pada putaran bawah, tetapi top speed tetap tidak berubah sesuai torsi mesin, dan instrument yang lain (klason, sign, charging ACCU dll) tetap bekerja normal.
Bila headlamp Raja anda tidak terang, bisa jadi salah satu penyebabnya kiprok anda sudah kurang bekerja maksimal ato lemot. Anda bisa mengakalinya dengan melepas batasan arus di kiprok (kabel putih=charging ACCU) tetapi bohlam headlamp standar RX-king anda harus diganti dengan yang lebih besar watt-nya agar tetap kuat pada arus besar pada saat putaran mesin tinggi. Anda juga bisa memasang saklar di stang ato memodifikasi fungsi saklar standar King di stang anda agar mudah untuk memutus & dan menyabung (on/off) fungsi charging ACCU yang sangat banyak memakan arus, sehingga fungsi instrument, klakson, sign dll tetap bisa bekerja. Kalo anda butuh untuk menggunakan lampu sign ato klakson tinggal swicth chargingnya dihidupkan setelah itu bisa dimatikan tergantung kebutuhan anda. Soalnya bisa pusing kalo diberhentikan polisi lalu instrument seperti lampu sign, taillamp, klakson kita gak nyala. Direkomendasikan memakai bohlam headlamp minimal type halogen 55watt keatas. Bila memakai bohlam halogen 55watt keatas, batok,kaca dan reflektor headlamp Raja harus yang asli ato orisinil karena kalo yg imitasi bisa gak kuat ato bisa meleleh kena panas bohlam tsb. Cahaya headlamp yang dihasilkan dari modifikasi tsb akan sangat terang sekali.
#semoga bermanfaat dan semakin kingers
Ribet amat
ReplyDeleteSimplenya gmn om..lmpu terang n aki awet
DeleteSpul lampunya bisa digulung ulang gan dibuat melebihi dari standar, jika biasanya yg standar 4lilitan dibuat menjadi 6lilitan atau mengganti kawatnya gulungannya menjadi lebih besar. Itu dapat membantu lampu menjadi terang dan aki awet karena arus kelistrikan besar.
DeleteTerimakasih gan, semoga dapat membantu.
Mantap
ReplyDeleteTerimakasih gan, semoga dapat membantu.
DeleteMasukan bagus
ReplyDeleteTerimakasih gan, semoga dapat membantu.
DeleteBos kali lampu sein & klakson tidak menyala disaat kontak on.. Itu kenapa ya??
ReplyDeleteCoba dicek kiprok dan aki nya gan.
DeleteBos di kabel arus lampu motor gua ko agak ada listrik nya ya....gimana cara penanggulanya
ReplyDeleteBos kalo di kabel masa ke lampu ko gak ada api nya....tolong pencerahan ya
ReplyDeleteCoba di cek kabel masa beserta kabel di akinya gan.
DeleteThank saran nya gan..👍👍👍👍
ReplyDeleteTerimakasih gan, semoga dapat membantu.
DeleteMau tanya gan lampu motor raja ane redup kabel body dah ane cek bagus.kiprok ane ganti jg masih redup.jdi apa nya ya kira2.apa dari sepul atau yg lainnya?
ReplyDeleteCoba di cek spul lampunya gan mungkin sudah lemah, jika tidak diganti masih bisa digulung ulang dibuat agar lebih besar dari ukuran standarnya. Bisa di cek di halaman lain https://jiwarxking.blogspot.com/2018/11/cara-mendongkrak-kelistrikan-rxking.html
DeleteTerimakasih gan, semoga dapat membantu.
Kalau mau di bikin arus dc gimana gan
ReplyDeleteKabel kuning strip merah dicopot
DeleteKabel lampu strip kuning dixopot
Punya ku udah langsung dari spul ko redup ya lampu nya
ReplyDeletePunya saya lampu redup bang dan sein kiri redup..padahal sein kanan cerah idup nya.padahal habis ganti aki..
ReplyDeleteDan kadang..kadang kalo buat belok lampu di spedo mati
Um kalau lampu depan Ama lampu spidometer RX-King mati cara mengatasi.a gimana yh? Posisi keadaan bohlam ngga putus.
ReplyDeleteLampu depan Q sering putus dan Lampunya Gampang panas & Ngebul knpa ya kiprok baru. Aki baru
ReplyDeleteOm rx-king ane kan pakai lampu LED, arus listrik sudah DC tapi kok aki sering tekor ya om,kiprok dan spull masih bagus, kira2 kenapa ya om?
ReplyDeleteGanti kiprok nya pake punya nmax
ReplyDeleteKlok kiprok shogun125r. Di pasang di rx king bisa gk
ReplyDeleteNumpang tnya gan ,kalo rx spesial lampu sama indikator di dasboard tiba2 redup knpa ya ? Mksih gan
ReplyDeleteSaya sudah ganti aki 3 kali dan terus tekor, sampe kiprok pun sudah pernah ganti 2 kali..
ReplyDeleteKira2 apa ya bos maaalah nya ?