Monday 13 June 2016

Cara Memasang & Membedakan Warna Kabel CDI di RX King

Dan pembahasan saya kali ini adalah tentang perbedaan warna kabel CDI RX king yang beraneka macam. Sehingga Anda tahu apa yang menyebabkan warnanya menjadi berbeda dilihat dari kegunaannya. 
Yuk simak. cekidottt...
 
Warna kabel pada setiap pabrikan motor memiliki perbedaan masing - masing standart nya sendiri, artinya warna kabel yang dibuat oleh produsen masing masing pembuat kendaraan sepeda motor tidaklah sama. Mengapa dibuat seperti itu ?? Sebab hal ini akan mempermudah kita dalam melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada kendaraan nantinya.
Selain itu juga agar tidak salah sambung, sebab setiap motor memiliki designer yang berbeda, pastinya sistem kelistrikannya pun berbeda pula. Hal ini juga merupakan rahasia tiap-tiap rancangannya agar tidak mudah untuk ditiru dan menyamakan antara sistem kelistrikan yang di buat oleh masing masing produsen kendarakan bermotor tersebut dan pada warna kabel cdi rx king tentunya juga memiliki design dan sistem yang disesuaikan dengan peforma yamaha rx king.
CDI Rx king yang merupakan jenis AC, cara mengecek api di CDI nya, Cabut kabel yang masuk kedalam coil, kemudian tempelkan massa dan tekan, Apabila terlihat api CDI tandanya sempurna. Tetapi jika api CDI tidak muncul tandanya terjadi kerusakan. Pembuatan warna kabel sengaja berbeda sebagai alternatif memudahkan apabila terjadi kerusakan pada kendaraan nantinya. 
Pada dasarnya pembuatan warna kabel yang berbeda adalah untuk membenahi jika terjadi konsleting. Karena akibat dari konsleting sendiri menyebabkan kabel terbakar.

Dimana warna kabel yang berbeda pada kendaraan bermotor itu memang sebenarnya tidak sekedar dibuat berbeda. Namun ada beberapa hal yang membuatnya berbeda. Dimana untuk salah satu tujuan dari penggunaan warna yang berbeda adalah digunakan sebagai pembeda antar arus dan tujuan arus. Sehingga Anda tahu arti dari setiap warna kabel, karena setiap warna memiliki fungsi yang berbeda beda. Jadi, saat Anda merasa kebingungan membenahi pemasangan warna kabel, akan lebih baik bila Anda tenangkan diri dulu. Dan juga untuk menghindari kesalahan penempatan dan terjadinya konslet.
 
Karena pada dasarnya warna kabel CDI RX yamaha king memiliki beberapa kumpulan warna yang memilki arti masing - masing. 

Koil : oranye
Massa :  hitam
Kunci kontak :  hitam-putih
Input spul :  hitam-merah
Pulser - :   putih-hijau
Pulser + : putih-merah

Penjelasan warna di atas menjelaskan sistem cdi yang terdapat pada warna kabel CDI RX king. Jadi di saat terjadi konsleting Anda bisa mengetahui segera letak kerusakannya dengan cara mengetahui warna dari setiap kabel pada sistem listrik yang ada pada yamaha rx king anda. 

#Semoga bermanfaat & semakin Kingers.


3 comments:

  1. Apakah bisa menyambung kabel kunci kontak sama pulser?

    ReplyDelete
  2. tanya om apa rx pakek pike up kalok pakrk brapa ya ukuran nya

    ReplyDelete
  3. tanya om apa rx pakek pike up kalok pakrk brapa ya ukuran nya

    ReplyDelete

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...