Disini saya akan membahas sedikit tentang korekan buat drag Rx King di lintasan 201m.
yuk simak, cekidottt...
Motor legendaris Yamaha Rx King
secara standar saja sudah digaya dalam hal menangguk kecepatan di
track lurus (drag). Apalagi saat kendaraan roda dua dengan julukan
"motor jambret" ini dilakukan beberapa sentuhan di bagian mesin pastinya
akan melesat bak pesawat tempur.
Lalu apa saja ubahan yang harus
dilakukan untuk mewujudkan sebuah motor drag RX King tercepat dengan kecepatan hingga 200 km/jam?
Contoh Motor Drag Rx King
Perhatian awal yang harus dibenahi yaitu mengganti rasio transmisi menggunakan racikan rapat.
Selanjutnya bearing kruk as ditukar dengan yang spesial, tidak
lagi C3 atau C4 namun digunakan tipe Hi-Speed.
Connecting rod juga
diganti dengan yang baru. Agar tak terjadi kebocoran kompresi primer
maka seal kruk as di kanan dan kiri harus diganti dengan yang baru.
Untuk oli samping dipilih yang terbaik sehingga gampang bercampur dengan
bahan bakar, pilihannya adalah merek Idemitsu.
Mewujudkan sebuah motor drag tercepat dilanjutkan dengan mendesain ulang lubang exhaust setinggi 25 mm hampir mencapai bibir blok. Demikian juga untuk lubang transfer dan bilas harus diperbesar pula. Dimasukkan pula membran V-FORCE seri 4.0 yang lebih garang dan bertenaga dengan rumah membran diganti milik Yamaha RXZ agar aliran makin deras.
Mewujudkan sebuah motor drag tercepat dilanjutkan dengan mendesain ulang lubang exhaust setinggi 25 mm hampir mencapai bibir blok. Demikian juga untuk lubang transfer dan bilas harus diperbesar pula. Dimasukkan pula membran V-FORCE seri 4.0 yang lebih garang dan bertenaga dengan rumah membran diganti milik Yamaha RXZ agar aliran makin deras.
Karburator bawaan pastinya harus
dilengserkan dan diganti kepunyaan Honda NSR 150 SP yaitu seri Keihin PE
28mm. Dibuat setingan basah dengan jet ukuran 140 sehingga ketika RPM
tinggi piston tak kekurangan pasokan campuran bahan bakar dan pelumas.
Untuk kampas kopling kini diberikan 7 lapis dengan per kopling vanadium 5
buah untuk meniadakan efek selip saat meneruskan tenaga.
Untuk dilakukan oversize 1,75 mm lebih besar dengan clearance 0,20 mm.
Untuk lubang hisap piston dipangkas terus diberikan lubang di bawah
piston. Silinder head dibuat model sirip belimbing dengan pangkasan 0,8
mm. Dengan bahan bakar tetap menggunakan bensin premium, CDI tetap
menggunakan bawaan aslinya namun koil diambilkan dari motor Yamaha
Yz125.
Knalpot motor 2 tak pun termasuk sangat penting, untuk itu
dibuatlah tiruan knalpot Noguchi atau knalpot model 3V3. Tak ketinggalan
adalah meracik perbandingan final gir depan dan belakang sehingga mampu
menghasilkan kecepatan maksimal yaitu menggunakan perbandingan 15/37 =
2.466.
Dan dari semua racikan korekan di atas harus sesuai dengan settingan permintaan mesin agar motor drag RX King tercepat ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 36,6 HP.
Demikian ulasan sedikit mengenai Korekan Drag Rx King.
#Semoga Bermanfaat & semakin Kingers.
No comments:
Post a Comment