Monday, 13 June 2016

Cara Mudah Korekan Motor Drag Rx King

Disini saya akan membahas sedikit tentang korekan buat drag Rx King di lintasan 201m.
yuk simak, cekidottt...

Motor legendaris Yamaha Rx King secara standar saja sudah digaya dalam hal menangguk kecepatan di track lurus (drag). Apalagi saat kendaraan roda dua dengan julukan "motor jambret" ini dilakukan beberapa sentuhan di bagian mesin pastinya akan melesat bak pesawat tempur. 
Lalu apa saja ubahan yang harus dilakukan untuk mewujudkan sebuah motor drag RX King tercepat dengan kecepatan hingga 200 km/jam?
 
Contoh Motor Drag Rx King 



Perhatian awal yang harus dibenahi yaitu mengganti rasio transmisi menggunakan racikan rapat. 
Selanjutnya bearing kruk as ditukar dengan yang spesial, tidak lagi C3 atau C4 namun digunakan tipe Hi-Speed. 
Connecting rod juga diganti dengan yang baru. Agar tak terjadi kebocoran kompresi primer maka seal kruk as di kanan dan kiri harus diganti dengan yang baru. 
Untuk oli samping dipilih yang terbaik sehingga gampang bercampur dengan bahan bakar, pilihannya adalah merek Idemitsu.
Mewujudkan sebuah motor drag tercepat dilanjutkan dengan mendesain ulang lubang exhaust setinggi 25 mm hampir mencapai bibir blok. Demikian juga untuk lubang transfer dan bilas harus diperbesar pula. Dimasukkan pula membran V-FORCE seri 4.0 yang lebih garang dan bertenaga dengan rumah membran diganti milik Yamaha RXZ agar aliran makin deras. 
Karburator bawaan pastinya harus dilengserkan dan diganti kepunyaan Honda NSR 150 SP yaitu seri Keihin PE 28mm. Dibuat setingan basah dengan jet ukuran 140 sehingga ketika RPM tinggi piston tak kekurangan pasokan campuran bahan bakar dan pelumas. 
Untuk kampas kopling kini diberikan 7 lapis dengan per kopling vanadium 5 buah untuk meniadakan efek selip saat meneruskan tenaga.
 
Untuk dilakukan oversize 1,75 mm lebih besar dengan clearance 0,20 mm. Untuk lubang hisap piston dipangkas terus diberikan lubang di bawah piston. Silinder head dibuat model sirip belimbing dengan pangkasan 0,8 mm. Dengan bahan bakar tetap menggunakan bensin premium, CDI tetap menggunakan bawaan aslinya namun koil diambilkan dari motor Yamaha Yz125. 
Knalpot motor 2 tak pun termasuk sangat penting, untuk itu dibuatlah tiruan knalpot Noguchi atau knalpot model 3V3. Tak ketinggalan adalah meracik perbandingan final gir depan dan belakang sehingga mampu menghasilkan kecepatan maksimal yaitu menggunakan perbandingan 15/37 = 2.466. 
Dan dari semua racikan korekan di atas harus sesuai dengan settingan permintaan mesin agar motor drag RX King tercepat ini  mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 36,6 HP.

Demikian ulasan sedikit mengenai Korekan Drag Rx King.

#Semoga Bermanfaat & semakin Kingers.

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...