Sunday 19 June 2016

Cara Pemasangan Ground Strap Pada Koil Rx King



Baiklah kali ini saya akan membahas cara pemasangan rangkaian ground strap di motor rx king maupun di motor2 lainnya.
yuk simak. cekidottt...
Sebelumnya,apa kalian tahu apa itu ground strap?, jika tidak yaa tidak apa2. hehee



Ini sedikit penjelasannya, Ground strap ini umumnya berbentuk lilitan kabel di luar kabel busi yang berfungsi menangkap frekuensi liar. Secara teknis, pemasangan ground strap memang bisa menambah power. Karena berfungsi untuk menangkap frekuensi liar, sehingga membuat arus listrik ke busi jadi lebih fokus otomatis api jadi stabil dan maksimal. Memang tidak sebesar koil aftermarket yang include ground strap peningkatannya.
atau kata lainnya ground strap adalah grounding yg dililitkan pada kabel busi,yang berguna untuk menstabilkan arus listrik menuju busi.

Dalam kapasitasi dan juga frekuensi pada kabel busi, banyak beragam yakni tergantung pada kabel busi yang anda gunakan. Dampak pada ground Strap bisa lebih merasa pada kabel busi standar. Adapun pada coil yang sudah di pasang teknologi tersebut yaitu Coil nology dan protect ultimate yang sudah terhitung koil mahal kelas premium. Anda bisa menganalisa sendiri pergantian pada api yang telah di hasilkan pada waktu ground Strap di terapkan, api bisa segera berwarna biru dan konsentrasi, hal tersebut menandakan bahwa pengapian cukup baik.

Nah Bagi anda yang ingin membuat Ground Strap Pada Coil, Berikut ini kami berikan cara – caranya.
Pertama anda harus menyiapkan kabel kawat, anda bisa membelinya di toko elektronik.
Setelah kabel kawat sudah anda dapatkan, lalu buang kulitnya hingga tampak kawat tembaga nya.
Langkah selanjutnya yaitu lilitkan kawat tersebut di kabel busi, untuk hasil yang optimal. Kurangi panjang kabel busi dan buat lilitan yang rapat.
Pada lilitan tersebut tidak perlu sepanjang kabel busi namun hanya sekitar 70 sampai 80 persen saja.
Pada ujung lilitan di satukan dan di buat ground atau masa koil serta pada ujung satunya hanya di biarkan saja lilitannya.
Langkah selanjutnya yaitu bungkus lilitan dengan solasi listrik atau bisa juga dengan kabel bakar.

Bagi anda yang tertarik ingin mencobanya, silahkan anda coba sendiri pada sepeda motor anda di rumah. 

Yuk simak gambar nya agar lebih mudah dipahami lagi :


Untuk membuat Strap ground cukup menyediakan kawat tembaga ukuran 0.7mm (biasa beli di toko-toko komponen elektronik), obeng/kunci untuk melepas baut dudukan koil, cutter/pisau dan isolatip.
Langkah pertama melepas koil dari dudukannya, kemudian kita ambil satu ujung kawat tembaga tadi dan dikerok untuk membuang lapisan isolatornya sepanjang 2-3cm. 



Setelah lapisan isolatornya hilang, ujung kawat kita tekuk supaya menjadi lingkaran yang nanti akan kita jadikan lubang baut saat dijepit diantara koil dan dudukannya dan menjadi ground atau masa.






Selanjutnya kita lilitkan kawat tembaga pada kabel koil mulai dari pangkal sampai penuh, namun di ujung yang dekat dengan cop busi harus diberi jarak antara 1-2 cm, soalnya kalau dililit sampai penuh mepet cop busi, aliran listrik akan menyambar kawat terlebih dulu sebelum sampai ke busi, membuat suplai listrik ke busi menjadi terganggu.


Ujung lilitan di dekat cop busi diberi jarak 1-2 cm

Lilitan kawat dibungkus isolatip supaya rapi


Terakhir memasang kembali koil ke tempatnya bernaung, dan cobalah starter, biasanya efek akan ditandai dengan langsam mesin yang lebih ringan dan respon gas lebih galak...
Hal ini sudah saya sudah banyak dipraktekan di tunggangan2 yang pengen api gede dan irit
Hasilnya juga lumayan terasa, tarikan jadi lebih enteng, bensin lebih irit, dan top speed naik.
lebih enak jika di seting lebih basah, soalnya api sudah besar.

coba nyalakan dan test motor anda..



Demikian lah ulasan singkat mengenai Ground Strap.
#Semoga bermanfaat & semakin Kingers.

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...