Tips dan Trik Murah Korek RX King
Rx king adalah salah satu motor Yamaha yang disegani oleh semua pengguna motor. Bermesin dua tak meskipun hanya berkapasitas 135cc powernya mencapai 18.5Hp dengan berat bersih sekitar 100kg dan Suara knalpot nya yang khas serta yahudnya accelerasi tarikan setan yang dulunya merajai blantika otomotif motorsport 2tak . Rx king dikenal sebagai motor jambret karena sensasi tarikan motor ini sangatlah istimewa mengingat harganya yang merakyat.
Makin bertambahnya usia, performa mesin RX-King makin menurun, untuk itu kita perlu lakukan sedikit perubahan agar si raja jalanan ini makin sip tarikannya.
Bahkan ada yang melakukan korek mesin esktrim sampai bisa mengalahkan Ninja 250R di lintasan dragrace.
Disini saya ingin berbagi untuk para kingers dalam meningkatkan peforma sang raja dari standartnya.
yuk simak. cekidoottt... :D
1. Naikin kompresi:
Banyak cara penunggang naikin kompresi dengan cara dibubut dll. untuk standar cukup ganti paking yg di head blok dengan yg lebih tipis bahkan ada yang gak pake paking sama sekali dan cuma dipakein lem paking doang biar gak rembes. maksudnya agar piston lebih nyembul ke arah head blok.
2. Pengapian
Untuk nambah gede pengapian banyaklah cara:
salah satunya yang paling gampang adalah copot aja kabel yang dari kiprok untuk charging accu sehingga arus mengalir lebih besar lagi ke koil dalam hal ini si accu jadi gak berfungsi. tetapi impactnya bohlam lampu motor ente jadi cepet putus bro, akalin aja dengan mengganti bohlam dengan watt yang lebih besar.
kalo masih gak mau repot juga, ganti aja kop businya pake model racing biasanya komponen dalamnya menggunakan bahan tembaga.
3. Carburator
untuk standar gak perlu di reamer, cukup ganti pilot dan main jetnya aja. coba aja ganti kedua spuyer tersebut step by step. misal PJ/MJ standar 22.5/150 naikin 1 step dulu ke 25/155 (biasanya kenaikan ukuran adalah 2.5) kalo masih kurang sip naikin 1 step lagi PJ menjadi 27.5/155. itu udah cukup.
4. Suplai Udara
untuk ngimbangin menambah derasnya kabutan bahan bakar dari spuyer tersebut,
copot aja busa saringan udara yang ada di batok penutup sebelah kiri. atau mencopot karet intake udara yang ada diatasnya yg berbentuk "L" untuk mencopotnya bro mesti buka Jok-nya dulu.
5. Gear / Sproket
biasanya gear/gir/sproket standar king Depan/Blakang adalah: 15/37 coba aja ganti yang lebih kecil namun jangan terlalu extrim. misal ganti dengan 15:35, atau 14/35, atau 16/33. jadi sesuaikan aja dengan keinginan dan selera bro agar napas mesin raja jadi lebih panjang atau mana yg lebih dirasa sesuai dengan karakter bro.
6. Knalpot
peranti yg satu ini sangat berperan dalam hal tersebut diatas, ada dengan cara ngebelek toet/trang2/trung2/chamber/ dan macem2lah orang nyebutnya. kalo gak mau ngebelek knalpot cukup ganti saringan knalpotnya pake model maestro,namun tetep kurang maksimal karena masih ada skat yang menahan laju buangan atau tendangannya.
7. Membran (Reed Valve)
katup buluh/Membran (Reed valve) adanya didalem intake yang ada selang YEIS (yang menghubungkan karburator ke arah intake blok mesin). bro bisa ganti pake katup buluh punya RGR murah koq paling cuma Rp. 20-30 ribu spasang. atau model carbon cuma agak mahalan harganya bisa nyampe Rp.100 rebuan. dan lidah reed valvenya (besi melengkung yang nyabang kaya lidah ular) bro dirapatkan lagi jaraknya. biar buka tutup reed valve lebih cepat. hanya saja kekurangan katupmodel ini enggak tahan lama paling cuma tiga bulan ujung reed valve biasanya udah pada grepes atau rompal. kelebihannya cuma lebih lentur aja.
8. Grip Gas Spontan
peranti ini kayaknya gak terlalu ngaruh banget, namun kalo kita mau mencermati putaran grip gas ini dapat mengurangi gerak putar grip menjadi berkurang dan lebih spontan.
9.Porting Polish Blok
Alusin Kulit Duren ehhh... kulit jeruk kata orang bilang (yg ada di blok mesin) tujuan agar lebih lancar lagi arus masuk dan buangnya
10. Velg dan Ban
banyak yang ngakalin untuk mengurangi beban tunggangan dengan mengganti velg alumunium (contoh merek TK) Velg ini lebih ringan dari yang originalnya. Velg depan ganti ukuran 17" dibalut ban ukuran 2.50, velg belakang menggunakan ukuran 18" dibalut ban ukuran 2.75.
#Semoga bermanfaat & semakin Kingers...
No comments:
Post a Comment