Thursday, 27 October 2016

Cara Kerja Tabung YEIS di Motor 2tak

Disini saya akan mengulas sedikit tentang cara kerja tabung yeis di motor 2tak.
yuk simak. cekidott....

Sampai sekarang, motor 2 tak masih banyak penggemarnya. Tarikan awal mesin 2 tak memang tak tertandingi. Contoh motor 2 tak yang menjadi legenda adalah Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja. Kedua primadona motor 2 tak tersebut telah memakai teknologi YEIS (Yamaha Energy Induction System) dan KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve system) untuk mendongkrak tenaga mesinnya.


Cara kerja Tabung YEIS di Motor Rx King

Bila RX king sudah tarik gas, tak ada motor lain yang mampu mengimbangi tarikan awalnya yang sangat gila tersebut. Lalu di mana rahasianya?

Pada RX king di bawah tangkinya terdapat sebuah tabung plastik. 

Pada tabung ini dihubungkan dengan selang ke reed valve. Tabung ini berguna untuk menyimpan campuran gas baru. Jadi saat reed valve membuka, campuran gas baru dari karburator masuk ke dalam ruang bakar. Sementara di saat reed valve menutup, akibatnya campuran gas baru yang sudah terlanjur keluar dari karburator , tertahan di antara reed valve dan karburator. Dengan adanya tabung YEIS ini, maka campuran gas baru yang tersisa ini , dialirkan untuk disimpan di dalam tabung. Demikian seterusnya. Hingga pada saat Anda membutuhkan akselerasi. Maka yang anda lakukan membuka handle gas lebih besar lagi. Kevakuman lebih tinggi, dan campuran gas baru yang masuk bukan hanya dari karburator, tapi disuplai juga dari tabung YEIS. Itulah sebabnya jangan pernah mengganti selang atau dudukan tabung YEIS sesukanya. Sebab hal ini mengakibat kerja tabung YEIS tidak baik.

Itulah sebabnya kenapa RX King memiliki tingkat responsif yang tinggi. Baru buka ¼ handle, tapi larinya sudah jauh meninggalkan motor – motor lainnya. 

Proses ini akan berlanjut terus dan menjadi siklus. Sampai pada saat memerlukan akselerasi tinggi dan menarik handle gas semakin besar lagi, kevakuman menjadi lebih tinggi, serta campuran gas baru yg masuk tidak cuma dari karburator, namun disemprotkan juga dari tabung YEIS.

Tips merawat YEIS adalah jangan mengganti selang atau dudukan tabung YEIS. Karena akan mengakibatkan kerja tabung YEIS terganggu. Teknologi inilah yang membuat RX King mempunyai tingkat responsif dan akselerasi yang tinggi.


Cara kerja super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve system)

Super KIPS merupakan sistem pengaturan tutup buka pada lubang pembuangan yang menggunakan katup. Super KIPS ini berguna agar pembuangan gas dari sisa pembakaran pada RPM tinggi mampu berjalan lebih prima (katup buka), sebaliknya juga jika pada RPM rendah bakal menjauhi terbuangnya campuran bensin-udara yg baru masuk ke ruang bakar dari karter (katup tutup). Katup ini bakal berperan buka pada waktu RPM di atas 7000 sampai 8500.


Pada RPM dibawah 7000, maka katup KIPS akan tertutup. Pada RPM 7000 hingga 8500, maka katup KIPS akan terbuka. Super KIPS ini mampu membuat tenaga lebih stabil di putaran bawah maupun di putaran atas






Jadi sekian penjelasan tentang cara kerja tabung YEIS.

#Semoga Bermanfaat dan Semakin Kingers.

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...