Thursday 29 November 2018

Cara Mendongkrak Kelistrikan RxKing Menjadi 12V

Halo sobat JiwaKingers untuk postingan kali ini saya akan memberikan masukkan tentang kelistrikan spul lampu Rxking, Yuk simak.. Cekidot..


Motor Yamaha RX King keluaran jaman dulu (era 83-an) memakai sistem kelistrikan 6V. Menginjak RX King keluaran 92-an itu sudah menjadi 12 V. Sangat repot tentunya bila mencari sparepart RX King dengan sistem kelistrikan 6V.



Jarang ditemui toko onderdil motor yang masih menjual lampu bohlam 6V dan accu 6V. Bagi yang mempunyai motor RX King jaman dulu, bisa merubah sistem kelistrikannya menjadi 12 V. Untuk membuat kelistrikan motor RX King menjadi 12V pun sangat mudah.

Sparepart kelistrikan Yamaha RX King yang masih 6V, diganti dengan sparepart yang 12V. Kalo untuk merubah kelistrikannya maka ada beberapa sparepart yang harus diganti.
Kiprok. Tentu saja kiproknya diganti yang sudah 12V
Kabel body. Kabel body yang 12V memiliki serabut lebih banyak daripada yang 6V. Agar tidak terjadi konsleting akibat beban kabel, makakabel ini di ganti juga yang 12V.
Accu. Tentu saja accunya di ganti yang 12V dengan memperhitungakan tempat peletakan posisi accu. Bisa menggunakan accu Yamaha Vixion
Spul listrik. Diganti dengan yang 12V.
Flasher ritting. Diganti dengan yang 12V.
Lampu bohlam. Semua lampu yang ada pada motor tanpa kecuali diganti dengan yang 12V.
Dan untuk spul lampunya bisa dibeli juga atau untuk biaya lebih murah agar digulung lagi dan dapat mempengaruhi kelistrikan menjadi lebih besar dan bola lampu juga semakin terang.

Kalo dihitung-hitung bisa menghabiskan biaya 300 ribuan dengan asumsi ada beberapa sparepart yang KW. Kalo diganti menggunakan semua sparepart orisinil bisa habis sekitar 500 ribuan.

Menurut saya, kalo dibandingkan perbandingan tarikan motor antara yang masih 6V dengan yang 12V memang tidak ada bedanya. Akan tetapi, RX King dengan kelistrikan 12V memiliki fleksibilitas, efisien dan bola lampu terang dalam modifikasi Sparepart kelistrikan.

Demikianlah hasil ulasan

1 comment:

  1. Penjelasan yg tidak jelas.... Dasar blogger jembut

    ReplyDelete

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...