Thursday 29 November 2018

Cara Mendongkrak Pengapian Spul Api RxKing

Kali ini saya akan membahas tentang kelistrikan dengan menggulung ulang spull RxKing.
Yuk simak, cekidott..

RX KING merupakan motor legendaris dari YAMAHA yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan. Banyak cara yang ditempuh guna meningkatkan performa RX KING. Diantaranya dengan meningkatkan kemampuan pengapian standar dengan cara menggulung ulang spul CDI atau disebut juga spul pengapianya.


Mengubah kawat spul magnet standar bertujuan memperbesar arus pengisian pada kelistrikan Pembesaran arus ini bisa dilakukan dengan mengganti kawat kumparan standarnya pakai yang berukuran lebih besar.
Berikut ini langkah dan caranya:

1. Karen spul standar RX KING yang hanya 4 lapisan diganti dengan karen spul 6 lapis. Karen 6 lapis ini didapat dengan cara membeli spul aftermarket merk CREVON. Atau bisa juga dengan cara menambah 2 lapis pada karen spul standarnya yaitu menggulung ulang spulnya saran saya sih beli spul yang biasa kemudian digulung ulang.

2. Siapkan Kawat Email diameter 0.15 mm dengan panjang 119 meter.

3. Lilitkan kawat email pada karen spul dan jangan lupa buatkan terminal (-) groundnya. Untuk lapisan lilitan yang pertama buatlah sehalus dan serata mungkin. Jangan terjadi tumpang tindih pada lapisan pertama.

4. Untuk lapisan berikutnya lilitkan kawat email sampai habis. Kemudian beri serlak lalu bungkus dengan pita kemudian beri serlak lagi. Jangan lupa buatkan terminal (+) positif nya yang nantinya akan dihubungkan dengan CDI (kabel dengan kode warna HITAM strip MERAH)

5. Ukur tahanan spul dengan menggunakan AVO meter Digital. Hambatannya harus menunjukan pada angka +/- 139 ohm.

Anda bisa menggulung ulang sendiri atau menggunakan jasa penggulungan spul.

Demikianlah ulasan saya tentang kelistrikan Spul Pengapian RxKing, Silahkan dilihat halaman lainnya.
Terimakasih dan Semoga Bermanfaat
#Salam Kingers

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Mengecek Kiprok Bermasalah

Halo sobat Jiwa Kingers kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek kiprok yang rusak atau bermasalah. yuk simak, cekidott... Mungki...